Monday 28 October 2013

Daya Tarik Taman Wisata Iman, Sitinjo Dairi

,
Mendengar kata Sidikalang, tak lepas dari 2 ikon yang sudah melekat yaitu kopi dan TWI (Taman Wisata Iman). Kopi, karena sejak dahulu kala kopi bukan hanya sedekar menjadi minuman bagi masyarakat Dairi tetapi merupakan penghasilan utama masyarakat Dairi yang telah diekspor sampai ke luar negeri.

Satu lagi yang menjadi kebanggaan masyarakat Sidikalang maupun Dairi pada umumnya adalah Taman Wisata Iman yang pada tahun 2005 dibangun oleh Bupati Dairi kala itu, DR. M.P Tumanggor. TWI berada di Desa Sitinjo, berjarak 10 km dari pusat kota Sidikalang. TWI didesain begitu indah untuk menggambarkan kerukunan umat beragama di Indonesia. dimana bangunan rumah ibadah setiap pemeluk agama dibangun di atas tanah seluas 15 hektare. mesjid, kuil, vihara dan gereja menyatu lengkap dengan segala fasilitas pendukung, arena bermain, kebun binatang, dll. meski bisa kita lihat bahwa areal lebih banyak digunakan untuk agama Kristen, terutama untuk areal jalan salib (via dolorosa).kemungkinan karena pendirinya melihat keadaan pemeluk agama penduduk di Dairi. tak heran TWI banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk beribadah. memang, TWI seolah-olah menggantikan kepopuleran salib kasih di Tarutung yang menjadi lokasi wisata rohani yang populer sebelum pembangunan TWI ini.

Selain sebagai wisata rohani, TWI juga bisa untuk menenangkan jiwa. bangunan TWI yang dibangun di atas bukit ini menyuguhkan pemandangan yang indah di bawahnya. kita bisa menatap kota Sumbul maupun desa-desa lainnya. Sambil memandang kita juga akan merasakan kesejukan batin dari udara pepohonan yang hijau.

Apabila anda ingin berkunjung ke TWI cukup hanya dengan harga tiket masuk Rp. 5.000,- dan apabila anda ingin menikmati semua bagian-bagian yang ada di Taman Wisata Iman anda harus mempersiapkan kaki untuk berjalan naik turun bukit. tetapi, jangan takut, jika kelelahan ada banyak pondok yang bisa menjadi tempat anda untuk beristirahat. dan pastinya apabila anda ingin membeli makanan ataupun oleh-oleh ada banyak penjual makanan maupun penjual souvenir yang tersedia di areal TWI tersebut.

0 comments to “Daya Tarik Taman Wisata Iman, Sitinjo Dairi”

Post a Comment

 

My blog, My Expression Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates