Sunday 17 November 2013

Etimologi Sidikalang

,
Mungkin banyak orang Dairi khususnya Sidikalang yang bertanya apa arti kata Sidikalang dan berasal dari mana kata tersebut. Berikut sedikit sejarah mengenai etimologi penamaan Sidikalang

Kecamatan Sidikalang sebelum datangnya kolonial maupun zending. Sidikalang masih berupa hutan belantara, semak belukar dan padang ilalang. Hutan yang sangat lebat itu dihuni oleh binatang-binatang seperti:trenggiling, rusa, monyet, mawas, kera, babi hutan dan harimau. Begitu juga berbagai jenis ular dan jenis-jenis unggas yang sekarang kebanyakan tidak ditemukan lagi.
Karena banyaknya binatang-binatang tersebut, harimau berpeluang untuk mencari mangsa sehingga tempat itu menjadi sarang harimau. Untuk menghindari kemungkinan dari serangan harimau, penduduk yang tinggal di sekitar tempat itu membangun tempat tinggalnya bentuk hempangan disusun membentuk segi empat dari bahan kayu karena bahannya mudah diperoleh di sekitar hutan.

Bagian bawah disusun terlebih dahulu. Kayu yang paling besar berbentuk segi empat dan semakin ke atas tersusun kayu yang lebih kecil, jika sudah tinggi kayu-kayu bulat disusun sebagai lantai dan di atasnya dibentangkan lembaran-lembaran tepas, dengan tujuan kalau diduduki atau digunakan sebagai alas tidak keras. Untuk atap terbuat dari bambu yang dibelah dua dan disusun sedemikian rupa.

Inilah yang menjadi asal mula nama kota Sidikalang. Dari kata “sidi” dan “kalang”. Dalam bahasa Pakpak “sidi” bermakna “na di si ni” (bahasa Toba) bermakna “yang di sini” (Bahasa Toba) bermakna “yang disini”,”kalang” (halang=bahasa Toba) bermakna hambat atau hempang. “Sidi sapo kalang (Bahasa Pakpak) “na di si ni jabu marhalang” (bahasa Toba) bermakna “rumah yang di sini berhambat atau berhempang”. Dari sinilah asal mula kata Sidikalang. Akhirnya kota ini dinamai Sidikalang (yang sini berhambat atau berhalang atau berhempang). Dan sebagai bukti sejarah masih dapat ditemukan rumah yang berhempang di Kalang Jehe rumah “Partaki” (Raja) dahulu. (Sumber:Jubileum 100 taon HKBP Sidikalang 27 April 1908-2008).

3 comments to “Etimologi Sidikalang”

  • 23 March 2013 at 05:28
    Rider Tamba says:

    terima kasih, buat informasinya ito.Tuhan Yesus memberkati ito, saya joe rider tamba. joepiano.tamba26@gmail.com

  • 29 June 2013 at 07:51
    Unknown says:

    oke ito...
    sama sama...

  • 13 June 2014 at 01:36
    Unknown says:

    O saya mengerti.trims admind

Post a Comment

 

My blog, My Expression Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates